TENTANG HARI JADI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Parintang-rintang. Hari ini, teman-teman ASN Kabupaten Limapuluh Kota (dan mungkin juga masyarakatnya) memperingati hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota ke 176 sesuai dengan Pasal 2 Peraturan Daerah Kabupaten Limapuluh Kota No 11 tahun 2008. Penetapan hari jadi ini, mengacu kepada buku “Menelusuri Hari Jadi Kabupaten Lima Puluh Kota” yang ditulis oleh Saiful (2009), berpedoman pada buku “Pemerintahan Sumatera Barat dari VOC Hingga Reformasi” yang ditulis oleh Gusti Asnan (Yogyakarta:Citra Pustaka, 2006) dan tulisan Dr.Mestika Zed yang berjudul “Beberapa Catatan tentang Gagasan Seputar Penetuan Hari Jadi Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai bagian dari Risalah Pengantar Seminar “Penentuan Hari Jadi Kabupaten 50 Kota” pada tanggal 28 Oktober 1999 di Payakumbuh, dimana Besluit No.1 tanggal 13 April 1841 dianggap sebagai hari jadi dimaksud.

Waktu yang dipilih sebagai hari jadi ini sangat menarik perhatian saya, disamping bagaimana pembentukan, penamaan, dan juga nama adsistent resident Kabupaten Lima Puluh Kota itu pada masa yang lampau.

Oleh karenanya, sudah cukup lama saya mencoba berselancar di dunia maya, untuk mengumpulkan informasi tentang poin di atas. Alhasil, saya tidak menemukan catatan khusus tentang Besluit No 1 tanggal 13 April 1841 dalam versi Bahasa Belanda.

Besluit ini ramai dikutip pada beberapa situs dan blog tanpa sekalipun menampilkan isi isinya baik secara keseluruhan ataupun intisari dari Besluit No.1 tanggal 13 April 1841 tersebut. Semua seakan sepakat bahwa Besluit No.1 tanggal 13 April 1841 ini adalah dasar reorganisasi pemerintahan Belanda di Sumatra’s Weskust. Reorganisasi yang terjadi tiga setengah tahun setelah Gubernur Jenderal Hindia Belanda mengangkat Kolonel A.V. Michiels sebagai Gubernur Militer dan Sipil Sumatra’s Westkust pada 02 November 1837.

Namun demikian, hal yang saya temukan justru menimbulkan keraguan, apakah Besluit yang dimaksud benar bertahun 1841, karena saya juga menemukan adanya Besluit No 1 tanggal 13 April 1840 yang sepertinya berisikan reorganisasi dimaksud.

Dokumen yang memuat Besluit van 13den April 1840 No 1. ini dapat ditemukan dalam “Extract uit het Register der Besluiten van den Vice-President, waarnemenden Gouverneur General van Nederlandsch Indie, Buitenzorg, 18den Januarij 1843 (No. 49)” (Disarikan dari register Keputusan Wakil Presiden sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Jenderal Hindia Belanda, dikeluarkan di Bogor tanggal 18 Januari 1843 (No. 49).

Ada dua dokumen yang memuat register ini, yaitu:

1. Verzameling van Wetten, Besluiten, Bepalingen, Kennisvagen, enz. Welke niet in het staatsblad van Nederlandsch Indie zijn Opgenomen over de Jaren 1808-1856 oleh Mr. L.J.A Tollens. Tweede Deel. Batavia: Lange & Co. 1856 Hal 60-61)

2. Reglementaire en Andere Wetelijke Bepalingen. Batavia:Ter Landsrukkerij. 1874 (hal 60)

Gambar di bawah ini memperlihatkan penggunaan Besluit van 13den April 1840 No 1 pada dua dokumen dimaksud.

IMG_20170413_135845_729

Dokumen di atas jelas menyebutkan tentang Besluit No 1 tanggal 13 April 1840, yang berdampak pada pembagian Residensi Padang. Dengan kata lain, besluit ini memang keputusan yang mereorganisasi pemerintahan Sumatra’s Westkust kala itu.

Dalam Dokumen Reglementaire en Andere Wetelijke Bepalingen yang diterbitkan di Batavia tahun 1874, terjadi pengulangan penulisan Besluit van 13den April dengan tahun yang berbeda (lihat gambar). Bila Besluit van 13den April 1840 No.1 ditemukan berulang, Besluit van 13den April 1841 No.1 hanya satu kali saja muncul.

IMG_20170413_135921_098

Kesimpulan sementara, walaupun lemah, terjadi kesalahan dalam pengetikan, dari seharusnya diketik 1840 tertulis 1841.

Keraguan ini semata-mata karena rasa keingintahuan pribadi saya setelah membaca tulisan Dr. Hikmat C. Israr di Harian Haluan pada tanggal 10 April 2015 yang pada salah satu bagiannya menguraikan bagaimana pentingnya melengkapi sejarah hari jadi tersebut dengan mengurutkan nama-nama Asisten Resident atau Bupati Kabupaten (Afdeeling) Lima Puluh Kota tersebut. Dalam pencarian nama-nama tersebutlah saya bertemu dengan data seperti di atas.

Beberapa jawaban terkait dengan “PR” yang diajukan Dr. Hikmat C. Israr tersebut, (walaupun bukan tugas saya untuk menjawabnya) diantaranya adalah:

1. Dalam Almanak en Naamregister van Nederlandsch Indie tahun 1841 P.H.A.B van Hengst adalah adsistent resident untuk Afdeeling L Kota’s. Dari data ini, diperkirakan P.H.A.B van Hengst sudah menjabat sebagai adsisten resident Afdeeling L Kota’s (demikian namanya saat itu) sejak tahun 1840.

2. P.H.A.B. van Hengst menggantikan H. Van Tejlingen yang sebelumnya menjabat sebagai Adsisten Resident untuk wilayah yang disebut sebagai Limapoeloe Kotta’s en Alaban (Almanak en Naamregister van Nederlandsch Indie tahun 1840). Sebelum menduduki jabatan adsisten resident ini H. Van Tejlingen menjabat Kepala Otoritas sipil (Belast met het civiel gezag) Limapoeloe Kotta’s en Alaban sejak tahun 1838 (Almanak en Naamregister van Nederlandsch Indie tahun 1838).

3. C. Dubois menduduki jabatan Kepala Otoritas sipil (Belast met het civiel gezag) tersebut sebelum H. Van Tejlingen (Almanak en Naamregister van Nederlandsch Indie tahun 1837)

Saya hanya ingin menjawab sebagaian kecil “PR” seperti yang ditulis oleh Dr. Hikmat C. Israr dua tahun yang lalu tersebut dan tentunya juga menitipkan “PR” tentang manakah yang benar Besluit van 13den April 1841 No.1 atau Besluit van 13den April 1840 No.1 .

Akhirnya saya mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Lima Puluh Kota, tempat dimana saya pernah mengasah diri dengan berbagai Ilmu Pengetahuan, memacu kreatifitas sekaligus tempat dimana saya pernah merasakan betapa pahitnya sebuah keterpurukan.

Wassalam

Kubang Gajah, 13 April 2017

nspamenan@yahoo.com

Advertisements
This entry was posted in Interest. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s