PERPPU MD3 AKAN SEGERA TERBIT

Entah kenapa, hari ini begitu kuat dorongan dalam pemikiran saya bahwa Presiden Jokowi akan menerbitkan Perppu tentang MD3 pengganti UU MD3 yang disyahkan oleh DPR Periode 2009-2014. Saya juga tidak mengerti kenapa firasat itu tiba-tiba muncul.

Lama saya merenung mencoba memahami apa yang sedang terjadi di Republik ini. Tak sengaja di layar tv saya melihat kembali bagaimana para wakil rakyat dari PPP mendorong meja dengan kakinya sehingga meja itu pun terjungkir balik yang diikuti oleh tarikan tangan teman fraksinya yang juga menyebabkan meja di sebelahnya juga tersungkur. Tak berapa lama anggota yang menendang meja tersebut juga tersungkur. Aduh sebuah trailer menarik dari kisah drama seri berjudul DPR.

Pindah ke saluran lain, ada berita yang lebih hebat. Koalisi Indonesia Hebat (KIH) mendeklarasikan penunjukan pimpinan DPR yang baru dengan politisi PDIP sebagai ketua. Penunjukan ini setelah ada mosi tidak percaya dari anggota KIH pada pimpinan DPR.

Pengamat politik di tv itu juga mengisyaratkan persetujuannya dengan mengatakan Koalisi Merah Putih (KMP) arogan dan akan menggagalkan program presiden Jokowi.

Pada media sosial ramai dibicarakan desakan partai pemenang pemilu pada presiden Jokowi untuk menerbitkan Perppu MD3. Pada satu sisi ada statement wapres belum ada kondisi mendesak untuk penerbitan Perppu saat ini.

Sampai di sini, arahnya masih kabur. Lalu kenapa feeling itu muncul?
Entah lah, ini gara-gara belajar game theory.

Menggunakan game theory sebagai dasar analisa saya menganggap dua hal di atas: membanting meja dan pembentukan pimpinan DPR tandingan mengarah pada kondisi yang tidak ada sebagaimana disampaikan Wapres JK.

Dua hal itu baru awal. Tapi signal yang disampaikan semakin jelas bila dikaitkan dengan pengesahan Kepengurusan DPP PPP baru oleh Kemenkum Ham.

Skenario permainannya sepertinya seperti ini.
1. Dualisme kepemimpinan ini sepertinya tidak akan ditengahi presiden Jokowi.

2. Sekretariat Jendral DPR yang kini ada akan diberhentikan, PLT nya pun tidak diangkat sehingga tidak ada Pengguna Anggaran di sekretariat DPR. Akibatnya kegiatan di DPR yang pimpinannya dari KMP tidak bisa jalan karena dana tidak cair.

3. Presiden lalu akan mengeluarkan Kepres penganggakatan Sekjen baru tapi tidak dapat bekerja karena ada dualisme. Bila dilayani keduanya maka akan merugikan keuangan negara. BPK akan segera mengaudit dan Korupsi tuduhannya.

4. Kondisi ini berlarut beberapa minggu, banyak UU dan kegiatan lainnya terkait pembahasan berbagai hal tidak dapat dilaksanakan. Semua jadi tidak jelas

5. Kondisi ini dianggap berbahaya bagi kelansungang negara dan pemerintahan. Negara dalam bahaya.

6. Kondisi negara dalam bahaya ini merupakan syarat utama dari penerbitan sebuah Perppu.

7. Perppu MD3 pun harus segera diterbitkan.

8. Selanjutnya…. belum terbayangkan

Ah, kenapa pula feeling ini muncul. Seperti orang menggigau mungkin. Tapi saya bukan lah “si bisu yang barasian (bermimpi)” walau sebenarnya ngeri juga takut seperti nasib si tukang sate.
Setiap orang boleh berpendapat. Semoga tidak ada yang menganggap saya melecehkan simbol negara.
Ah, sudah magrib. Salam
‪#‎gametheorylover‬

(Parintang-rintang, Oktober 2014)

Advertisements
This entry was posted in Politik dan Kekuasaan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s